Thursday 8 October 2015

Cara Merawat Anjing

Merawat anjing sering kali tampak sebagai pekerjaan yang sederhana dan mudah. Memang sederhana, tetapi ada beberapa detil dan standar yang harus dipenuhi. Masing-masing bagian dari tubuh anjing memerlukan perawatan yang berbeda-beda, misalnya bagian bulu dikeramasi dan disisir, sedangkan bagian kuku dipotong dan bagian gigi disikat.Dengan cara merawat anjing baik dan benar maka anjing peliharaan kamu, akan lebih sehat.

1. Memandikan Anjing
Anjing dimandikan satu minggu sekali dengan perlengkapan seperti air, gayung, shampo, dan konditioner. Mereka harus dimandikan di atas alas yang tidak licin dengan suhu air yang tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Setelah mandi mereka harus dikeringkan agar tidak masuk angin, sementara telinganya dibersihkan dengan bola kapas.
Memandikan anjing sampai benar-benar bersih memerlukan ketelitian, misalnya dengan menggunakan shampo anjing khusus dan jangan sampai mengenai mata mereka. Copot kalung anjing sebelum membersihkan bagian leher.
Shampo untuk anjing tidak selalu harus digunakan untuk mandi dengan air, ada juga shampo yang bisa digunakan dengan cara kering, atau dikenal dengan sampo kering. Shampo kering ini bermanfaat sekali untuk membersihkan tubuh anjing hanya di bagian yang kotor saja.
Mengeringkan rambut adalah proses terakhir dalam memandikan anjing. Gunakan handuk yang kering, kemudian agar kering lebih sempurna, anda sebaiknya menggunakan hair dryer sambil menyisir rambut si anjing. Setel suhu pada temperatur yang tepat.
2. Pijat (massage) 
Pijat merupakan hal yang sangat nikmat, anjing-anjing menyukainya. Dengan dipijat, otot mereka akan rileks, sirkulasi darah lancar. Manfaat sekunder dari memijat yaitu anda bisa menemukan benjolan tersembunyi, jika mereka punya penyakit yang belum anda ketahui.
Memijat diawali dengan mengelus tubuh mereka secara searah sampai mereka benar-benar santai, kemudian mulai dengan gerakan memutar pada bagian punggung dan sisi. Ketika mereka benar-benar menikmatinya teruskan sampai bagian lengan. Mereka akan menyukainya.
Jangan memijat anjing yang cidera, karena bisa membuat mereka semakin parah. Untuk mereka yang cidera atau luka dalam. Membawanya ke dokter hewan jauh lebih baik daripada mencoba menyembuhkan sendiri.
3. Merawat Rambut Anjing
Langkah paling mudah untuk merawat rambut anjing adalah dengan menyisirnya. Rambut yang sering disisir membuat bulu mereka lembut dan terlihat rapi. Keuntungan anjing ketika rambut mereka disisir, yaitu mereka akan merasa seperti dipijat.
Teknik menyisir rambut anjing tergantung pula pada jenis bulu dan kulit mereka. Menyisir bulu yang panjang tetapi tidak lebat harus menggunakan sisir dengan ujung yang tumpul dan cara menyisirnya tidak boleh terlalu dalam. Untuk anjing yang memiliki rambut tebal sekali dan memiliki bulu di bagian dalam, menyisir rambut ini harus dua tahap, sisir lurus dan setelah setiap bagian disisir, keseluruhan rambut disisir kembali dengan menggunakan sikat rambut yang lebar.
Sisirlah anjing berbulu yang pendek dengan menggunakan sikat yang lebar. Gunakan sisir lurus pada bagian yang berbulu panjang.
4. Manicure
Seperti yang bisa anda lihat, kuku kaki anjing panjang-panjang dan jari-jarinya juga berbulu. Kondisi ini memudahkan kotoran dan kuman untuk bersarang, apa lagi anjing punya kebiasaan main di tanah.
Kotoran dan kuman yang bersarang di kaki anjing adalah sumber penyakit. Untuk merawat kebersihan kuku anjing, maka anjing perlu manicure, perawatan kuku. Anda bisa manicure sendiri, yaitu dengan menggunting kuku anjing secara rutin.
5. Bau Mulut
Berada dekat anjing yang mempunyai bau mulut dahsyat merupakan hal yang menjijikkan. Biasanya bau mulut muncul karena makanan berbau amis, dan gigi yang jarang dibersihkan. Sudah menjadi tugas anda untuk menyikat gigi mereka dengan sikat gigi dan pasta gigi khusus untuk anjing.
Kemungkinan besar anjing tidak suka ketika seseorang menyikat gigi mereka tetapi dengan penghargaan dan latihan, mereka akan terbiasa. Biasakan untuk menyikat gigi mereka, karena dengan menyikat gigi, mereka tidak hanya mendapatkan nafas yang segar melainkan juga gigi yang bersih dan kuat.
6. Kebersihan Telinga
Struktur telinga anjing berliku-liku, dilapisi dengan lapisan minyak, dan juga ditutupi oleh bulu-bulu anjing. Karena itu kotoran dan debu-debu mudah bertumpuk dan berkembang menjadi ekosistem para bakteri dan kutu telinga. Kondisi ini “menyiksa” para anjing dengan rasa gatal, belum lagi jika kutu menciptakan borok.
Lapisan minyak dapat dibersihkan cukup dengan menggunakan kapas yang telah ditetesi baby oil atau minyak pembersih khusus seminggu sekali. Jika lapisan minyak keluar lagi dalam waktu kurang dari satu minggu, maka anjing anda mungkin mempunyai masalah kesehatan yang sebaiknya dikonsultasikan ke dokter hewan.
7. Kesehatan Mata 
Kesehatan mata diamati dengan melihat biji matanya, tetapi bagian bola mata anjing terlalu besar sehingga anda harus menarik kelopak mata mereka untuk bisa melihat dengan jelas.
Jika anda melihat warna kemerahan atau kalenjar yang tidak normal, sebaiknya segera konsultasikan hal ini denagn dokter hewan.
Ketika baru bangun tidur, biasanya ada kotoran yang menempel pada mata. Jika sudah mengering, kotoran ini agak sukar dibersihkan karena bisa menyakiti mereka. Sebelum dibersihkan. Lunakkan dulu dengan air hangat, baru dibersihkan dengan kapas basah atau kertas tissu.

No comments:

Post a Comment